Mengenal Mesin Bubut Kayu dan Bagian Utamanya

Dunia permesinan kini sudah sangat banyak berkembang seiring dengan adanya perkembangan teknologi. Dengan demikian, maka pekerjaan pun bisa dilakukan dengan lebih mudah dan ringan bagi para pekerja. Salah satu jenis mesin yang banyak digunakan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan pertukangan adalah mesin bubut kayu . Mesin bubut adalah mesin perkakas yang didesain secara khusus dalam membantu untuk pemotongan kayu yang dilakukan secara diputar.

Pada dasarnya bubut adalah proses pemakanan benda kerja dimana sayatannya dilakukan dengan memutarkan benda kerja lalu kemudian dikenakan di pahatan bergerak dengan translasi yang sejajar. Mesin bubut banyak digunakan beragam industri, tapi yang paling sering menggunakannya adalah pada industri meubel. Secara umum, mesin bubut ini memiliki fungsi untuk isa meratakan permukaan benda putar, menghasilkan benda putar, membuat ulir, pengeboran hingga meniruskan benda kerja.

Untuk mengenali lebih dalam tentang mesin bubut untuk kayu ini, maka ada baiknya juga jika mengetahui tentang bagian utamanya:

Sumbu utama

Yang pertama adalah sumbu utama dimana merupakan sumbu yang berfungsi untuk dudukan cekam, plat pembawa serta senter tetap dan fungsi lainnya. Di dekat sumbu utama ini ada susunan roda gigi yang bisa digeser dengan handel atau tuas dalam mengatur putaran mesinnya sesuai dengan kebutuhan ketika pembubutan. Untuk putarannya pun bisa secara cepat dan lambat dimana putaran cepat ini dilakukan ketika membubut benda sayat tipis. Sedangkan putaran lambat digunakan proses pembubutan tebal.

Meja mesin

Bagian utama dari mesin bubut kayu selanjutnya adalah meja mesin. Untuk meja mesin ini fungsinya adalah tempat dudukan lepas, penyangga diam serta tumpuan gaya pada pemakanan waktu pembubutannya. Untuk bentuk dari alas ini banyak sekali macamnya yaitu ada yang datar, serta ada juga yang kedua sisinya memiliki ketinggian tertentu. waspada jika alas ini kotor karena mampu menjadikan jalannya eretan pun tidak lancar dan rusak.

Eretan

Selanjutnya adalah bagian eretan dimana eretan ini terdiri dari eretan memanjang, eretan melintang dan eretan atas dengan fungsinya masing-masing. Namun secara umum, eretan ini memiliki guna memberikan pemakanan dimana besarnya bisa diatur sesuai dengan kehendak dari operator yang bisa terukur dari ketelitian tertentu yang ada di roda pemutarnya.

Kepala lepas

Bagian kepala lepas memiliki fungsi dudukan senter memutar sehingga menjadi pendukung pada benda kerja ketika pembubutan, dudukan bor serta cekam bor yang bisa menjepit bor. Kepala lepas ini bisa bergeser pada sepanjang alas mesinnya dimana porosnya berlubang tirus yang akan memudahkan tangkai bor bisa di jepit. Untuk tinggi kepala lepas adalah sama dengan tinggi dari senter tetap dimana kepala lepas ini terdiri dari alas dan badan.

Tuas pengatur kecepatan pada transporter

Tuas pengatur kecepatan ini digunakan dalam mengatur kecepatan poros transporter dan juga sumbu pembawanya. Ada dua kecepatan yang bisa dipilih yaitu kecepatan tinggi serta rendah. Kecepatan tinggi bisa diaplikasikan untuk benda dengan diameter kecil sedangkan kecepatan rendah bisa digunakan untuk kerjaan pengasaran.

Itulah bagian penting yang ada pada mesin bubut kayu. Kini mesin bubut ini pun sudah kian canggih dengan ragam fitur yang ada di dalamnya. Untuk memesannya secara mudah, Anda bisa langsung memesan di situs belanja online terpercaya. Anda bisa memilih mesin bubut sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh jenis pekerjaan yang akan Anda lakukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *